Produk-produk Rumah Tani berkembang baik dari sisi kualitas produk, jumlah produk, kemasan hingga revenuenya dari waktu ke waktu. Berkembangnya bisnis Rumah Tani tidak terlepas dari dukungan para mitra bisnis, baik mitra penyedia hasil pertanian dan pendukungnya, para distributor, para penyelenggara event promosi, mitra pengembangan bisnis, mentor, coach maupun berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Oleh sebab itu kami menerima kerjasama dengan petani, gapoktan, koperasi untuk pembelian dan pendistribusian  hasil pertanian serta kerjasama dengan supplier kemasan dan perangkat penjualan lainnya.

Disamping itu kami juga membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak untuk penjualan produk Rumah Tani seperti toko, agen/distributor, reseller serta pembelian grosir atau pembelian dalam jumlah banyak.

Perkembangan logo Rumah Tani Lestari dari waktu ke waktu

Produk-produk Rumah Tani berkembang baik dari sisi kualitas produk, jumlah produk, kemasan hingga revenuenya dari waktu ke waktu. Berkembangnya bisnis Rumah Tani  tidak terlepas dari dukungan para mitra bisnis, baik mitra penyedia hasil pertanian dan pendukungnya, para distributor, para penyelenggara event promosi maupun berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Oleh sebab itu kami menerima kerjasama dengan petani, gapoktan, koperasi untuk pembelian dan pendistribusian  hasil pertanian serta kerjasama dengan supplier kemasan dan perangkat penjualan lainnya.

Disamping itu kami juga membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak untuk penjualan produk Rumah Tani seperti toko, agen/distributor, reseller serta pembelian grosir atau pembelian dalam jumlah banyak.

Bicara kemasan Rumah Tani dari waktu ke waktu, pada dasarnya menggambarkan perjalanan perjuangan produk Rumah Tani untuk dapat diterima oleh para pelanggan.

I.  Pada awalnya ide kemasannya hanya membuat logo berdasarkan nama brandnya, yaitu Rumah Tani. Oleh karena itu dibuatlah gambar rumah petani yang sekiranya sesuai atau secara visual menggambarkan brand Rumah Tani tersebut. Label produknya hanya disisipkan di dalam kemasan produk, tidak ditempelkan sebagai sticker, apalagi dicetak. Sebagai akibatnya, labelnya sering menghilang di antara tumpukan beras atau kacang hijaunya. Tujuannya waktu itu yang penting jualan dan punya merk!!!

Pada masa berikutnya, Rumah Tani mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan membuat kemasan produk dari Dinas UMKM Kabupaten Tangerang. Pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi “kemajuan tampilan” produk Rumah Tani karena pada acara inilah kami berkenalan dengan label dan kemasan beras vacuum maupun tidak vacuum. Dalam pembahasan label disebutkan bahwa isi label harus mengandung informasi yang informative bagi para pelanggan tentang kandungan dari produk yang dikemas tersebut, mulai informasi produk seperti berat, kandungan nutrisi, tanggal kadaluarsa, sampai dengan informasi tentang perusahaan yang bertanggungjawab terhadap produk tersebut.

Yang lebih penting lagi, dalam pelatihan tersebut langsung dibuatkan labelnya lengkap dengan berbagai informasi yang diperlukan dalam sebuah label. Buat usaha kecil langkah ini adalah langkah yang sangat memberikan semangat bagi pelaku usaha, karena akhirnya kami memiliki logo dan label sendiri. Logonya Pak Tani tersenyum sembari membawa padi. Horeeee berhasil !!!!  Akhirnya logo Pak Tani tersenyum menjadi label semua produk Rumah Tani, dari beras, kacang-kacangan dan lain-lainnya. Labelnya dibuat dalam bentuk sticker dan ditempel di kemasan plastik. Terima kasih atas bantuan dan dukungan  dari Dinas UMKM Kabupaten Tangerang.

II.  Pada langkah berikutnya, ketika mulai berpikir untuk mendaftarkan brand Rumah Tani ke HAKI, maka mulai terpikirkan, logo Pak Tani ini diambil dari mana ya waktu itu? Akhirnya diputuskan untuk membuat logo baru yang dibuat khusus untuk Rumah Tani. Atas bantuan dari seorang teman baik,  mbak cantik Ika Wartika, akhirnya terciptalah logo baru yang berupa Ibu Tani. Logo ini sebagai ganti logo Pak Tani sebelumnya, menurut Ika waktu itu, “Berhubung yang punya usaha seorang ibu jadi logonya Ibu Tani saja.” Begitulah akhirnya Ibu Tani resmi menjadi logo baru bagi produk-produk dari Rumah Tani.

III.  Hal lainnya, dalam perkembangannya, akhirnya Rumah Tani beralih dari kemasan non vacuum ke kemasan vacuum atas permintaan para pelanggannya, serta untuk menjaga kualitas produknya, mengingat produknya organic yang tidak tahan lama, mudah diserbu kutu, apabila kemasan tidak divacuum. Demi pelanggan dan perbaikan produk Rumah Tani, akhirnya kami berinvestasi membeli mesin vacuum yang gedenya sama dengan mesin cuci !!!

IV.  Dalam perkembangannya dengan semakin meningkatnya permintaan terhadap produk Rumah Tani membuat pengemasan menggunakan sticker kurang efisien dan agak ribet, oleh karena itu kami mulai beralih ke cetak kemasan plastik, untuk menekan biaya produksi dan mengefisienkan proses produksi. Agar biaya produksi terjangkau, maka kami mengubah tampilan Bu Tani yang full color tersebut menjadi 3 warna saja, untuk memudahkan dan menekan biaya cetak kemasannya. Saat ini kemasan beras Rumah Tani sudah menggunakan logo Bu Tani dengan 3 warna sebagai tampilannya, perlahan-lahan semua produk Rumah Tani akan beralih ke logo tersebut dan akan dicetak di plastik nantinya. Doakan ya usaha kami dapat berkembang dengan baik dan maju pesat, sehingga mimpi-mimpi perbaikan dapat kami laksanakan dengan cepat nantinya.

Back to Top
Shopping Cart
Close

No products in the cart.

We use cookies to improve your experience on our website. By browsing this website, you agree to our use of cookies.